Pages

Sabtu, 01 Desember 2012

Bagian-Bagian Mata

Sekarang, belajar IPA aja ya :)
Biar pinter ;p
Ini tugasku waktu aku kelas 8 . *jadi inget bu Retno*#abaikan
Langsung aja yaa ;)


Bagian – bagian mata dibagi menjadi dua, yaitu:
a. Mata bagian luar, terdiri dari :

1.  Alis mata adalah rambut yang tumbuh melintang di sebelah atas bola mata. Alis mata berfungsi melindungi mata dari air atau keringat yang mengalir dari dahi agar tidak masuk ke dalam mata.

2.  Kelopak mata atau pelupuk mata berfungsi melindungi bola mata dari hal-hal yang membahayakan mata, seperti debu dan benda asing. Tujuan kelopak mata berkedip adalah untuk membasahi dan membersihkan bola mata dari kotoran.

3.  Bulu mata pada kelopak mata berfungsi untuk melindungi mata dari benda-benda asing dan mengurangi cahaya yang akan masuk mata.

4.  Kelenjar air mata berfungsi sehingga memproduksi air mata sehingga membasahi kornea agar mata tidak mudah kering.

5.  Otot mata berfungsi untuk menggerakkan bola mata ke kanan atau ke kiri dan bawah atau ke atas. Ciri otot mata yang normal adalah antara otot mata kiri dan otot mata kanan harus serasi. Otot mata tidak normal atau tidak serasi disebut juling (strabismus )
 
b. Mata bagian dalam, terdiri dari :

1.  Kornea disebut juga selaput tanduk atau selaput bening. Letaknya di depan selaput pelangi dan bersifat transparan. Fungsi utama kornea adalah meneruskan cahaya yang masuk ke dalam mata sampai ke selaput jala (retina).

2.  Selaput pelangi disebut juga iris terletak di depan lensa mata. Tersusun oleh jaringan yang kaya pembuluh darah. Selaput pelangi memberi warna pada mata. Di tengah selaput pelangi terdapat lubang kecil yang disebut anak mata (pupil)

3.  Pupil terletak di tengah selaput pelangi berupa bintik di tengah dan berwarna hitam. Melalui pupil, cahaya masuk sampai ke selaput jala (retina).

4.  Lensa terletak di belakang selaput pelangi. Lensa terikat oleh otot silisaris. Otot silisaris merupakan otot mata yang dapat menebal dan menipiskan lensa mata sehingga benda dapat terlihat dengan jelas. Fungsi utama lensa mata adalah membiaskan berkas-berkas cahaya yang terpantul dari benda-benda yang dilihat menjadi bayangan yang jelas pada selaput jala (retina)

5.  Badan bening mempunyai fungsi meneruskan cahaya yang telah melewati lensa. Cahaya itu selanjutnya disampaikan ke selaput jala. Badan bening terletak di belakang lensa, dan bentuknya seperti agar-agar.

6.  Retina atau selaput jala merupakan lapisan saraf mata yang letaknya paling belakang. Pada retina terdapat ujung-ujung saraf penerima rangsang sinar/cahaya yang disebut fotoreseptor. Bentuk fotoreseptor ini ada dua macam yaitu sel batang dan sel kerucut. Rangsangan yang diterima dibawa ke pusat saraf atau ke otak.

7.  Urat syaraf mata mempunyai fungsi menghubungkan retina dengan otak.

2 komentar:

  1. mata emang indra yang paling bermanfaat ya gan buat kita,,,tanpa mata kita ga bisa melihat indahnya dunia.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena itu, kita harus bersyukur :)
      btw, makasih udah mampir ke blog-ku ^^

      Hapus

Comment = Menghargai Penulis