Pages

Kamis, 20 Desember 2012

Ditemukan Galaksi Terbaru Dan Terjauh Dari Bumi


Para astronom Amerika menyatakan telah menangkap gambar galaksi terjauh di alam semesta. Galaksi yang belum dipastikan identitasnya ini baru ditemukan dengan memakai kombinasi teleskop Hubble dan teleskop Spitzer.
Seperti yang dilaporkan pada laman International Business Times, galaksi terjauh ini kelihatan seperti gumpalan yang kecil. Bila dibandingkan dengan galaksi milik kita Bima Sakti ukurannya tidak kalah besar.

Galaksi ini diperkirakan terbentuk sekitar 420 juta tahun silam. Dari pengamatan terhadap galaksi muda ini dapat menambah informasi bagi para astronom tentang proses terbentuknya alam semesta, diperkirakan 13,7 miliar tahun yang silam. Galaksi baru ini dinamakan dengan MACS0647-JD.

Galaksi MACS0647-JD diduga kuat terbentuk setelah kejadian Big Bang. Cahaya dari galaksi terbaru ini sampai ke bumi harus menempuh 13,3 miliar tahun. Kombinasi kedua teleskop dimaksimalkan hingga dapat menangkap cahaya dari galaksi terjauh ini.

Salah seorang astronom bernama Postman mengungkapkan bahwa galaksi terjauh tersebut dapat dilihat dengan menggunakan metode CLASH. Yaitu memakai clusters masih untuk memperbesar gambar yang dapat ditangkap oleh Hubble.

Postman menambahkan bahwa luas dari galaksi terjauh ini sekitar 600 tahun cahaya, dan merupakan galaksi yang kecil di alam semesta. Tetapi dari pengamatan lanjutan diperoleh informasi bahwa galaksi ini sedang berproses menjadi galaksi yang jauh lebih besar dari sebelumnya.

Sumber : http://uniqpost.com/53640/ditemukan-galaksi-terbaru-dan-terjauh-dari-bumi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comment = Menghargai Penulis