Pages

Minggu, 24 Februari 2013

Teka-Teki Sulit Buatan George Boloos


Anda mungkin pernah memecahkan teka-teki biasa. Tetapi teka-teki ini buatan sang Pakar Filsafat dan Matematika Oxford University, George Boolos (Wah, berarti sering bolos dong !). Tidak, kita tidak boleh menjelek-jelekkan orang yang sudah jelek. Nah, kembali ke laptop, teka-teki ini sangat sulit. Sehingga perlu menguras pikiran untuk memecahkannya. Saking sulitnya, saya pun tidak bisa memahami teka-teki itu. Anda Bisa ? Buktikan !


Nah, inilah isi teka-tekinya. Tiga Dewa A,B, dan C, tidak dalam urutan tertentu, Biasa dipanggil dengan Benar, Salah, dan Acak. Benar selalu berbicara jujur, Salah selalu berbicara bohong. Acak selalu berbicara jujur atau bohong secara acak. Tugas Anda adalah menentukan identitas Dewa A, B, dan C dengan menanyakan tiga pertanyaan dengan jawaban "ya" atau "tidak". Setiap pertanyaan harus ditanyakan tepat pada satu Dewa. Dewa-dewa tersebut mengerti bahasa yang anda gunakan, tetapi akan menjawab semua pertanyaan dalam bahasa mereka. Namun mereka hanya mengatakan "da" dan "ja" untuk mengatakan "ya" atau "tidak" dalam urutan tertentu. Namun anda tidak mengerti arti "da" dan "ja" yang mereka ucapkan. Bisa berarti "ya" atau "tidak".

Penjelasan Tambahan :
-Dewa tertentu dapat ditanyai lebih dari satu pertanyaan ( dengan begitu dewa lain boleh tidak ditanya sama sekali. )
- Pertanyaan kedua dapat berkaitan dengan pertanyaan pertama. ( dan berkaitan dengan pertanyaan ketiga ), termasuk pada dewa kemana pertanyaan itu diberikan.
- Jawaban Acak benar atau salahnya hanya diketahui dengan cara tertentu. Ia diibaratkan melempar koin di otaknya, dimana jika koin yang dilempar muncul gambar, Acak berujar benar. Jika muncul angka berarti dia berbohong.

Ada yang bisa ? Kalau bisa mungkin IQ anda sangatlah tinggi. Sepertinya hanya ahlinya yang bisa. Atau mungkin Albert Einstein, misalkan ia masih hidup bisa memecahkannya. Orang yang saya tahu pasti bisa memecahkannya, adalah George Boolos. Hehehe...


2 komentar:

  1. kenapa copas tanpa sumber ? Saya tunggu 2 hari. coba baca sumber asli dari pulsk. DMCA selalu membayangi.

    from ilmumum.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Maaf, sekali maaf untuk Oqif, saya hanya mengambil di sumber tersebut dan mencantumkannya di postingan saya. Di postingan tesebut tidak ada sumber, jadi sekali lagi saya mohon maaaf . Saya sudah menggantinya, terima kasih koreksinya :)

    BalasHapus

Comment = Menghargai Penulis